Oleh : Qurrotin Ayunin
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI ( Enam ) SD
Materi : Peran Indonesia Di Asia Tenggara
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu menjelaskan
peranan Indonesia melalui ASEAN
2.
Siswa mampu meyebutkan
tujuan pendirian dan bentuk-bentuk kerjasama ASEAN
3.
Mampu menjelaskan peranan
Indonesia di asia tenggara
4.
Siswa mampu menyebutkan
bentuk-bentuk kerjasama Indonesia dengan Negara lain di Asia Tenggara.
B.
Analisis
Pembelajaran
ASEAN berlambang batang padi yang terikat, tanda
persatuan dan persahabatan antara bangsa di Asia Tenggara.
Manusia adalah makhluk social, seseorang manusia tidak
akan mampu mencukupi kebutuhannya sendiri. Demikian juga dengan sebuah Negara
ia tidak akan sanggup memenuhi kebutuhannya sendiri, oleh karna itulah diadakan
kerjasama antar Negara.
Hubungan Indonesia dengan Asia tenggara dari masa
ke masa.
Asia Tenggara : Pengertian
: sebuah kawasan yang berada di bagian
tenggara benua asia
Ciri-ciri
benua Asia : Wilayahnya
berbentuk kepulauan
Batas-batas
wilayah asia tenggara :
a.
Barat: samudra hindia dan anak benua india
b.
Timur: Papua nugini dan samudra pasifik
c.
Utara: China
d.
Selatan : Samudra Indonesia dan benua Australia
Proses Pembentukan ASEAN
Sebelum ASEAN terbentuk, telah ada sejumlah organisasi
yang mendahuluinya, organisasi-organisasi tersebut telah beranggotakan sejumlah
Negara di Asia tenggara. Organisasi tersebut didirikan dalam rangka menghadapi
perkembangan keadaan dunia.
Lambang ASEAN dan maknanya
Lambang : Biru
Putih
Kuning
Merah
Makna : 1.
Ikatan sepuluh batang padi menggambarkan sepuluh anggota ASEAN
2. Lingkaran menggambarkan persatuan ASEAN
3. Warna biru menggambarkan pada perdamaian dan
persahabatan
4.Warna dasar merah menggambarkan keberanian dan
Kedinamisan
5. Warna putih menggambarkan kesucian
6. Warna kuning menggambarkan kemakmuran
Maksud
dan Tujuan ASEAN
Asean
dibentuk untuk mempererat hubungan Negara-negara di Asia Tenggara
Tujuan didirikan ASEAN : 1. Mempercepat laju pertumbuhan ekonomi ,
kemajuan social dan pengembangan kebudayaan di wilayah Asia tenggara.
2. memperkokoh perdamaian dan stabilitas
C.
Karakteristik Siswa
Posisi duduk siswa :
D.
Tujuan
Performansi
8 x 40 menit : 320 menit
1 x tatap muka : 2 x 40 menit
E.
Menggambarkan
butir-butir ter acuan patokan
1.
Pengertian dan kepanjangan
dari ASEAN
2.
Maksud dan tujuan ASEAN
3.
Cara dan proses pembentukan
ASEAN
4.
Peran Indonesia di kawasan
Asia Tenggara
F.
Mengembangkan
Strategi pembelajaran formatif
1.
Metode yang digunakan
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Kuis
I.
Langkah-langkah
pembelajaran
a.
Pembukaan : 10 Menit
b.
Salam : Menyapa Siswa
c.
Review materi sebelumnya
d.
Pre test
II.
Isi : 20 Menit
a.
Pemberian materi atau
arahan
b.
Rangkuman
c.
Diskusi
d.
Tanya jawab
III.
Penutup : 15 Menit
a.
Penyampaian kesimpulan
b.
Test/tugas
c.
Salam Penutup
G.
Mengembangkan dan
memilih materi
a.
Peran Indonesia di kawasan
Asia Tenggara
b.
Maksud dan tujuan pendirian
bentuk-bentuk kerjasama ASEAN
c.
Mengetahui lambing ASEAN
dan maknanya
d.
Pengertian Asia Tenggara
H.
Mengembangkan dan
memilih materi pembelajaran formatif
a.
Peran Indonesia di kawasan
Asia Tenggara 15 %
b.
Pengertian dan kepanjangan
dari ASEAN 15 %
c.
Maksud dan tujuan ASEAN 30 %
d.
Cara dan pembentukan ASEAN 35 %
I.
Merevisi bahan
Pembelajaran
Untuk siswa yang sudah tuntas (Nilainya memenuhi KKM)
maka diadakan tugas pengayaan dan untuk siswa yang tidak tuntas ( Nilainya
tidak memenuhi KKM) maka diadakan Remidi.
J.
Mendesain dan
melaksanakan evaluasi sumatif
Contoh Soal Pilihan Ganda
1.
ASEAN didirikan atas
prakarsa lima Negara Asia tenggara pada tahun :..
a.
1945 c. 1967
b.
1957 d. 1997
c.
trimakasih izin share
BalasHapusPosting Komentar
Komentar Anda tidak merubah apapun...!